7 (Tujuh Trik dan Tips Untuk Menigkatkan Pemasaran Produk Meubel atau Furniture

Dalam usaha apapun baik dibidang produksi, transportasi (distribusi), maupun pemasaran (marketing) tentu akan ada yang namanya mengalami pasang surut sebuah usaha tersebut. Tentu dengan banyak faktor penyebabnya dan semua itu bergantung pada banyak aspek.
Dalam hal ini tentu terjadi pula pada titik bisnis atau usaha pemasaran atau perdagangan dan penjualan sebuah produk, baik itu hasil produksi sendiri maupun hasil dari produksi perusahaan lain atau orang lain.
Dalam postingan artikel berikut ini, kami akan menyampaikan 7 (tujuh) trik atau tips untuk meningkatkan pemasaran produk khususnya produk meubel atau furniture.
Karena kami tinggal di lokasi kabupaten jepara – jawa tengah, dimana 80% lebih perekonomian masyarakat ditopang dari hasil produksi dan penjualan furniture, maka tidak ada salahnya ketika kami coba membahas tips dan trik penjualan furniture ini.
tips dan trik tersebut adalah sebagai berikut :

1.      Menentukan target Pasar yang akan kita bidik secara jelas.
Hal ini sangat amatlah penting untuk menetukan target pasar kita atau konsumen yang akan kita bidik untuk membeli furniture mebel yang akan kita jual. Kenapa begitu, karena dengan kita telah menentukan dan mengetahui secara pasti target pasar kita, maka dapat diiringi dengan mudah pula kita mentukan lokasi dan barang atau kualitas barang yang musti kita jual (karena setelah kita tahu jelas target kita, maka secara tidak langsung akan mengetahui perkiraan kebutuhan mebel mereka dan seberapa besar kocek dan selera mereka).
Misal target kita adalah kalangan menengah kebawah, tentu hal yang paling kita perhatikan adalah soal harga yang murah dan bentuk barang yang sesuai dengan kebutuhannya. Soal kualitas biasanya jadi nomer yang kedua karena melihat kemampuan kocek (keuangan). Walaupun ada sebagian orang yang maunya cari barang yang murah namun kualitas paling bagus. Secara logika umumnya barang mahal identik dengan barang bagus dan kualitas yang bagus pula.

2.      Menentukan lokasi yang cukup strategis dan merupakan jangkauan pasarnya.
Lokasi pemasaran juga perlu kita perhatikan, dimana ketika misal mau mendirikan toko atau shoowroom mebel hal ini perlu diperhatikan, jangan sampai kita salah dalam memilih lokasi sebagai tempat memajang dan memasarkan produk kita. Perlu adanya pertimbangan keramaian jalur hilir mudik lalu lintas orang, harga sewanya juga, kebersihan dan kenyamanan tempat atau lokasi, serta keamanannya.

3.      Melakukan promosi (menyampaikan kepada publik) akan produk yang kita jual.
Hal ini sebenarnya amatlah penting, namun pada kenyataannya banyak yang beranggapan promosi tidaklah terlalu penting dan mengabaikannya dengan dalih biaya promosi itu mahal dan tinggi.
Namun coba kita tengok dan berfikir sejenak kenapa ada orang yang beriklan di televisi di surat kabar, radio dan diinternet, biaya iklan yang mereka keluarkan tentu tidaklah sedikit. Karena apa?
Karena mereka punya keyakinan dan beranggapan bahwa “punya produk tanpa kita promosikan dan kita beritahukan kepada orang banyak itu sama saja omong kosong”. Kenapa begitu?
Dengan kita perkenalkan produk yang kita jual atau apa saja keahlian yang dibisa tentu orang lain akan menjadi tahu, dan sewaktu waktu mereka membutuhkan hal yang berkaitan dengan itu maka akan menghubungi atau mencari produk anda. Jadi sebaiknya mulai sekarang anggarkan untuk pengeluaran buat promosi dan memperkenalkan produk. Dengan kita telah punya anggaran tersebut maka tidak berat untuk mengeluarkannya, karena sudah masuk dalam pos anggaran usaha operasional.
Beriklan untuk promosi tidak harus dengan biaya mahal, carilah tempat promosi yang murah dan mampu diterima serta didengar banyak orang misal lewat internet dengan memanfaatkan sosial media facebook atau twiter. Melalui sosial media ini kita telah banyak orang yang melakukan pemasaran produk atau jasanya disitu dengan biaya murah, bahkan gratis.

4.      Buatlah toko atau showwroom yang menarik luas cukup dan banyak jenis yang dijual.
Semakin banyak macam jenis model yang dipajang maka orang akan dapat memilih dan menetukan pilihannya tanpa perlu pindah ketoko lain untuk mendapatkannya, karena dalam toko showwroom yang kita kelola sudah cukup lengkap dan mampu mengadakannya. Dengan penataan tempat yang menarik, bersih dan mudah untuk melihat lihatnya akan menambah nilai plus dan kenyamanan pembeli ketika berkunjung. Rasa nyaman pembeli ditoko kita merupakan hal yang penting.

5.      Kuasai dengan cermat dan diluar kepala tentang product of knowledge
Dengan kita mengetahui atau memiliki kemampuan secara lebih spesifik tentag produk yang kita pasarkan, maka akan dengan mudah untuk menjawab setiap pertanyaan para calon pembeli yang datang dan bertanya tentang produk kita. Kenapa? Karena hal ini akan memcerminkan profesionalitas anda dalam bidang usaha anda tersebut. Namun bila jawaban anda kurang bagus dan pembeli tidak merasa puas akan jawaban anda berakibat pada penilaiannya untuk melakukan transaksi pembelian ditoko anda. Maka pengetahuan akan produk secara detil perlu.

6.      Memberikan harga yang standart, artinya tidak terlalu mahal namun tetap mendapat keuntungan standart.
Soal harga ini menjadi salah satu faktor penting bagi calon pembeli disamping soal kualitas yang dimau. Tentu kebanyakan orang senantiasa mencari harga yang murah dengan kualiatas barang yang sesuai harapan. Maka hal ini perlu kita pertimbangkan dengan memberikan harga yang cukup bersahabat.

7.      Berlaku Jujur dan terbuka kepada customer
Jujur dan perdagangan adalah kunci, hal ini juga telah diajarkan kepada kita orang (muslim) oleh Rosul Muhammad dimana jujur dalam berdagang itu kunci.
Jangan sampai kita berlaku membohongi pembeli atau bermain curang.
Sekali saja pembeli merasa telah dibohongi maka selamanya toko akan dicap berbohong dan tidak bagus. Namun jika sebaliknya pembeli merasa puas, maka besoknya akan datang lagi bahkan mereferensikan pada temannya yang lain. Buat loyalitas pembeli merupakan hal yang perlu kita perhitungkan.

Demikian 7 (tujuh) tips dan trik untuk meningkatkan pemasaran produk furniture dan barang mebel.
Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Dalam penentuan produk yang akan di jual pun, penjual harus pintar melihat selera dari konsumen yang di tuju, karena sering kali fitur kualitas seperti kenyamanan sifatnya subjektif dari kebiasaan penggunaan barang tersebut oleh konsumen. Jadi penjual juga harus pintar-pintar menganalisa kebiasaan dari konsumen yang di tuju.

    furniture kantor
    meja kantor
    kursi kantor
    lemari kantor
    filing cabinet

    gudang karawaci
    sewa gudang karawaci
    sewa gudang tangerang

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar dengan baik dan bijak.
boleh pasang link, namun tidak boleh berbuat SPAM. dilarang pasang link aktif pada komentar.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com