Belajar Cara Menghitung Kubikasi Kayu Papan.

Belajar Cara Menghitung Kubikasi Kayu Papan.

Tentu jika kita punya batang kayu yang hendak dipotong untuk menjadi papan papan kayu sehingga dapat digunakan dan diolah menjadi barang jadi misal furniture dan barang mebel kayu jepara.

Tentu kita akan bertanya tanya manakala belum tahu akan bagaimana cara menghitung m3 meter kubik ukuran jadinya juga berapa biayanya jika kita membeli atau membutuhkan sejumlah papan kayu dengan ketebalan sekian cm dan hendak dibuat barang mebel jadi.

Tentu terdapat rumus dan cara untuk dapat menghitungnya dengan tepat. Jika anda adalah seorang penjual kayu glondong atau penjual kayu papan atau batang kayu misal papan buat usuk rumah, kusen, jendela dan lain lain. Yang mana sudah barang tentu itu adalah makanan ibaratnya dalam keseharian sehingga sudah tidak diragukan pula tentang pengetahuan anda untuk menghitung setiap meter kubik kayu papan anda tersebut.

Namun hal ini lain jika anda hanya sekedar ingin membeli atau sekedar ingin memakai saja dan membutuhkan beberapa bilah batang papan kayu untuk keperluan anda misalnya, tentu lebih sedikit pengetahuan akan bagaimana caranya untuk menghitung kubik kayu papan hendak anda butuhkan sehingga dapat memperkirakan anggaran biayanya. Atau barang kali hanya sekedar sebagai tambahan pengetahuan jika mana kala membeli ke toko papan kayu tidak mudah untuk dicurangi oleh penjual yang nakal. 

Sebenarnya caranya cukup mudah. Manakala kita sudah mengetahui rumus dan caranya, anda perhatiakan dan lihat saja penjual papan kayu begitu lihai dan cepat jika diminta menghitungkan besarnya kubikasi papan yang hendak kita beli. Tentu dengan alasan itu kesimpulannya artinya caranya cukup mudah dan simple buktinya secara cepat dia sang penjual sudah mendapat hasil yang tepat dengan sedikit pencat pencet itu kalkulator ditangannya.

Memang alat yang kita gunakan adalah menggunakan alat hitung kalkulator yang secara cepat membantu perhitungan matematika manusia sehari hari. Dengan hadirnya kalkulator ditangan kita, maka masalah hitung menghitung angka angka matematika akan mudah terjawab dengan cepat. Jika tidak punya kalkulator ditangan, maka HP (ponsel) anda menjadi pengggantinya, karena disana sudah terdapat aplikasi kalkulator yang siap membantu pemilik telpon genggam tersebut.

Sekarang kita bahas saja akan cara dan rumusnya, dimana telah sebelumnya pernah saya bahas tentang Cara menghitung kubik kayuglondong dengan mudah menggunakan rumus baca disini. Kali ini akan dijelaskan untuk menghitung kubik kayu papan sehingga anda tidak lagi kebingunan mencari referensi kesana kemari untuk dijadikan sebagai bahan anda menghitung kebutuhan anda sendiri.

Cara menghitungnya adalah dengan menggunakan Rumus Kubikasi atau volume barang pada umumnya, yakni :

P x L x T  dibagi 10.000

Keterangan :
P : panjang kayu papan (dalam satuan meter)
L : adalah lebar papan (dalam satuan cm)
T : adalah tinggi papan (dalam satuan cm)

Pada contoh soal:
Misalnya anda hendak membutuhkan papan kayu untuk dibuat sebuah barang dirumah. anda sedang membutuhkan papan berukuran panjang 2meter dan lebar 20cm dengan tebal 3cm. Jika anda menghendaki hanya ingin membeli sebanyak satu kubik, maka berapa jumlah papan yang harusnya anda beli?
Sekarang kita jawab dengan rumus diatas,
Yakni dengan menggunakan rumus kubikasi PxLxT : 10.000

Dari contoh soal diatas, kita tahu bahwa :
P = 2meter
L = 30cm
T = 3cm

Maka P x L x T = 2 x 30 x 3 = 180 : 10.000 = 0,018 m3 (untuk 1 papan kayu)
Jika anda hendak membutuhkan 1m3 papan kayu, maka 1: 0,018 = 55,5 sehingga jika dibulatkan 55 papan kayu.

Sehingga terjawab sudah papan yang anda butuhkan adalah sebanyak 55 papan kayu. Sehingga dapat dengan mudah anda menghitung biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan papan anda tersebut dengan harga per papan yang dijual ditoko papan sekitar anda.

Untuk contoh penerapan yang lain, dapat anda hitung sendiri sesuai kebutuhan Anda.
Semoga bermanfaat.
salam

4 comments:

Silahkan Berkomentar dengan baik dan bijak.
boleh pasang link, namun tidak boleh berbuat SPAM. dilarang pasang link aktif pada komentar.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com