CARA MENGHITUNG KUBIK KAYU GLONDONG DENGAN RUMUS



CARA MENGHITUNG KUBIK KAYU LOG DENGAN MENGGUNAKAN RUMUS
Mungkin anda sedang mencari informasi tentang cara menghitung kubikasi kayu balok atau gelondong.
Atau membutuhkan info bagaimanakah rumus kubik kayu yang benar. Rumus rumus yang tepat untuk menghitung kubik kayu balok maupun papan. 

Adapun cara dan rumus menghitung kubikasi kayu balok dan papan sudah telah banyak yang membahas dan membicarakan hal tersebut dalam artikel artikel yang pernah orang buat sebelumnya dan dishare ke public atau khalayak ramai cukup banyak bertebaran di internet.
Namun dari sekian banyaknya rumus yang ada dan yang telah menjelaskan rata rata kebanyakan banyak yang membingungkan untuk dibaca bahkan kita sendiri sulit untuk memahami dan mencernanya sehingga informasi yang seharusnya mau kita dapatkan belum juga dapat kepahaman atau dapat jawaban yang cukup memuaskan dan membuat terjawab atas pertanyaan yang ada dikepala kita.

Namanya juga hitungan matematika yang tentu pasti berkaitan dengan hitungan angka angka numeric matematika, diskolah saja banyak murid yang tidak menyukai pelajaran matematika, namun tidak sedikit pula ada beberapa anak justru suka dan senang sekali dengan pelajaran hitung matematika. Seperti saya dulu waktu masih dibangku sekolah dasar dan menengah cukup menyukai mata pelajaran matematika ini. Ya tentu ada keunikan dan daya tarik tersendiri atas masing masing orang dalam menyikapinya.
Kembali ke pokok untuk menjawab rumus hitung atau cara menghitung kubik kayu secara tepat dan mudah dalam memahaminya itu yang bagaimana?

Ketika saya melihat disepanjang jalan kota jepara ini daerah saya adalah di kota jepara jawa tengah, dimana yang namanya kayu log atau kayu glondong, atau katakanlah kayu kemplengan sudah bukan menjadi hal yang aneh atau terdapat jarang ditemukan dijepara. Bahkan saking sangat banyaknya hamipir di setiap jalanan sepanjang daerah jepara itu terpampang log log kayu atau kemplengan kayu merajalela bertebaran dimana mana. Ntah itu didatangkan dari mana? Yang pasti banyak yang didatangkan dari luar kota jepara bahkan sampai dari luar pulau jawa.

Jadi saya sering melihat mereka yang memiliki kayu tersebut atau katakan penjualnya baik itu bos atau pemiliknya maupun si karyawan dan karyawati yang membantu pemilik tersebut yang mempunyai tugas sebagai pramuniaga yang melayani setiap pembeli atau orang yang hendak membeli kayu log dagangannya tersebut dengan cekatan dan cepat dalam menghitungkan setiap jumlah meter kubik dari semua kayu yang dipajangnya itu. Walaupun ada yang sudah dari perhutani atau hutan rakyat sudah ada label itungan meter kubiknya. Jadi tinggal dijejer dan dipilih dah ketemu jelas jumlah kubinkasinya. Karena memang sebelumnya sudah dihitung dari pihak perhutani atau pengelola hutan rakyat. Namun tentu tidak menutup kemungkinan ada pembeli yang minta acak atau mau beli kayu log dengan jumlah dibawah standartnya atau tidak penuh jumlah kubik meter perseginya. Nah sudah barang tentu sang pelayan yang tugasnya melayani wajib menghitungkan jumlahnya dan dikalikan harganya sehingga ketemu jumlah harga yang tepat dan terjadi kesepakatan jual beli tentunya.

Maka jika anda berposisi sebagai penjual atau pramuniaga tadi maka sudah barang tentu wajib menguasai hitungan hitungan itu. Namun jika anda berposisi sebagai calon pembeli atau orang yang hendak mebeli kayu log tersebut maka tidak ada salahnya jika telah sebelumnya mengetahui cara hitung dan rumus menghitung kubik kayu yang benar. Tujuannya apa? Tentu agar paling tidak terdapat kesamaan hasil hitung atau dari pekiraan anda dengan hasil hitung dari sang penjual tersebut. Biar ketika terjadi kesalahan hitung atau tindak kecurangan salah hitung yang akibatnya merugikan salah satu pihak tidak terjadi dan bisa dijelaskan hal yang seharusnya benar.

Istilah jawanya (Agar tidak diakali) maka pengetahuan akan rumus dan cara hitung yang benar dalam hal menghitung kubikasi kayu ini sangatlah amat penting. Utamanya bagi anda yang berkecimpung dalam dunia perkayuan misal saja produksi maupun penjualan produk furniture dan barang mebel.

Pada dasarnya rata rata rumus yang digunakan adalah sama. Disini untuk menghitung jumlah kubik m3 kayu gondong atau LOG adalah dengan Rumus :

P x D x D x 0.7854 dibagi 10.000 = nilai kubik kayu

Dengan arti lambang :
P : adalah panjang kayu (dalam jumlah satuan meter/ m)

D : adalah Diameter kayu bawah dan diameter kayu bagian atas

0.7854 : adalah sudah hitungan rumus kunci dan sudah teruji.

10.000 : adalah pembaginya.

Contoh soal;

Misalnya anda mau membeli batang kayu log ukuran panjang 2meteran sebanyak 2 kubik. Dengan dilapangan terdapat kayu yang ukuran panjang 2 meter rata rata memiliki diameter 20 cm. Lalu berapa jumlah batang kayu yang akan anda dapatkan jika hendak membeli dengan kapasitas jumlah 2 kubik kayu.

Sekarang kita jawab dengan menggunakan rumus diatas.

P x D x D x 0.7854 : 10.000
P = 2, D = 20 

Maka 2 x 20 x 20 x 0.7854 = 628, 32 : 10.000 = 0,062832 m3 per 1 batang kayu. Dibulatkan menjadi 0,06 m3
Sehingga untuk mendapat 1 kubik maka 1 dibagi 0,06 = 16,6 batang kayu.
Sehingga jika kita butuhya 2 kubik, makan 16,6 dikali 2 = 33,2 (dibulatkan 33 batang kayu)
Sehingga jawabannya anda akan mendapatkan jumlah batang kayu sebanyak 33 batang.
Jadi tinggal anda sesuaikan saja jumlah kebutuhan Anda dan tinggal mengalikan saja dengan harga per kubiknya sehingga anda tahu berapa jumlah uang yang musti disiapkan untuk membayar kayu glondong atau log anda.
Terima kasih.

23 comments:

  1. kalo untuk perhitungan utk Teak furniture apakah sama atau berbeda

    ReplyDelete
  2. untuk mengkonversi kubikasi LOG menjadi kubikasi balok gmn ya

    ReplyDelete
  3. MAR
    1
    TUKANG BOR SUMUR BEKASI JABODETABEK || 083136376069 (WA)
    SANJAYA BOR||083136376069 adalah salah satu Tukang sumur bor di kota bekasi dan berdiri sejak tahun 1987, melayani jasa pengeboran sumur khususnya untuk wilayah jabodetabek dan umumnya untuk di pulau jawa, jika anda memiliki masalah dengan air di rumah seperti air keruh, bau, berpasir dan sebagainya kami dapat membantu anda mengatasi masalah tersebut, silahkan hubungi di nomor 083136376069.

    BERQUALITAS
    hasil pekerjaan kami di jamin berqualitas karena yang mengerjakan adalah para tenaga profesional yang telah bekerja di bidang tersebut selama bertahun tahun.

    BERGARANSI
    kami memberikan garansi untuk setiap pelanggan, khususnya jika hasil pekerjaan kami kurang memuaskan.

    HARGA TERJANGKAU
    kami menawarkan harga yang tidak terlalu mahal tapi biar pun bgitu kami tetap mengutamakan qualitas dari hasil pekerjaan kami.
    ALAT CANGGIH
    kami telah menggunakan alat pengeboran berupa mesin gear box jika pelanggan meminta kedalaman di atas 20 meter.

    MELAYANI INSTALASI DAN SERVICE MESIN POMPA AIR
    kami juga menerima jasa instalasi serta service pompa air jika anda memiliki masalah pada mesin pompa airnya.

    kami juga melayani Panggilan pekerjaan Untuk dalam dan luar kota, Khususnya untuk Daerah Bekasi Bisa datang Langsung ke JL. Bawang Raya, kp. cibitung sebrang Rt. 002/08 kel. cimuning Kec. mustika Jaya kota bekasi (rmhnya Bpk. Inan), atau hubungi Di nomor telpon 0831-3637-6069 (WA)

    ReplyDelete
  4. Yg butuh log jati contak 081358563301.lokasi Kab TTS NTT.

    ReplyDelete
  5. Yg butuh log jati contak 081358563301.lokasi Kab TTS NTT.

    ReplyDelete
  6. Saya butuh kayu mahoni 3x12upx150.dan 200cm kirim ke Tangerang harga 1.8jt lebih jelas nya silahkan hub 083125777348

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jual kayu mahoni masih di hutan..ada 4000 pohon,lokasi tasikmalaya ,jika berminat silahkan contak 085951452804

      Delete
  7. Saya butuh kayu log,jenis kayu jabon panjang kayu 1,30m
    Uk.12-15cm,16-19cm,20-29cm,30-40cm.
    Mohon info
    WA.081281875589

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berap harga pak saya banyk

      Delete
    2. Yth,
      Calon Pembeli Kayu Sengon/Albasiah
      di
      Tempat

      Sebelumnya perkenalkan, saya Yudi Aditiawan dari Majalaya - Bandung, mempunyai kebun albasiah yang saat ini siap panen.

      Saya bermaksud menawarkan pohon saya tersebut kepada bapak/ibu dengan HARGA MURAH, rincian sebagai berikut:

      Jumlah: ± 5.500 pohon
      Tinggi: ± 10 - 16 Meter
      Diameter: ± 25cm, 50cm, beragam
      Usia: 5 tahun (maju 6 tahun)

      Lokasi: Desa Mekarsewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut

      Akses:
      ±100 meter dari kebun ke parkir truck (pakai motor)
      ±1km dari parkir truck ke jalan raya nasional

      Sistem : BORONGAN
      Harga: (nego)

      Kiranya bapak/ibu berkenan, silahkan kontak saya di nomor 081386848262 (Yudi Aditiawan)

      Demikian, atas kebijaksanaannya saya sampaikan terimakasih

      Delete
  8. Jika ada yg butuh kayu Sengon Solomon wilayah jateng, usia 4th, siap potong diameter rata2 70cm, tinggi rata2 25m, 11m3-12m3, minimal pembelian tidak ada, boleh kolektif, transaksi dan harga bisa dibicarakan.
    Hubungi saya : 081327639360

    ReplyDelete
  9. Yang butuh kayu jati emas saya ada karena lagi penebangan untuk buat kawasan tetapi diameter 13-16cm stok banyak 1000mkubik 081288293396

    ReplyDelete
  10. Barangkali butuh kayu merbau,krikis dll silahkan kontak kbtulan sy kerja di pt utuk HPH di halmahera 085779444075 sandi apandi

    ReplyDelete
  11. Yg butuh kayu mahoni hub 081911589278

    ReplyDelete
  12. yg butuh jati putih (Gmelina) ada 2500 pohon lokasi ciamis, hub 082153680035

    ReplyDelete
  13. Persugihan sangat terkarang oleh ajaran Islam. Hukum nya bisa syirik pelakunya/keluar dari Islam. Untuk itu carilah usaha yg halal yg tidak bertentangan dgn ajaran Islam. Ini berlaku untuk kaum muslimin. ALLAH SWT akan menganpuni semua dosa bagi yg sudah meninggal kecuali syirik/musyrik.
    Tetapi jika masih hidup lalu beratubat dari kesyirikan maka Allah azza wa jalla tetap mengampuni.

    ReplyDelete
  14. Satu truk biasanya berapa kubik kayu?

    ReplyDelete
  15. Yth,
    Pembeli Kayu Albasiah/Sengon
    di
    Tempat

    Sebelumnya perkenalkan, saya Yudi Aditiawan dari Majalaya - Bandung, mempunyai kebun albasiah yang saat ini siap panen.

    Saya bermaksud menawarkan pohon saya tersebut kepada bapak/ibu dengan HARGA MURAH, rincian sebagai berikut:

    Jumlah: ± 5.500 pohon
    Tinggi: ± 10 - 16 Meter
    Diameter: ± 25cm, 50cm, beragam
    Usia: 5 tahun (maju 6 tahun)

    Lokasi: Desa Mekarsewu, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut

    Akses:
    ±100 meter dari kebun ke parkir truck (pakai motor)
    ±1km dari parkir truck ke jalan raya nasional

    Sistem : BORONGAN
    Harga: (nego)

    Kiranya bapak/ibu berkenan, silahkan kontak saya di nomor 081386848262 (Yudi Aditiawan)

    Demikian, atas kebijaksanaannya saya sampaikan terimakasih

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar dengan baik dan bijak.
boleh pasang link, namun tidak boleh berbuat SPAM. dilarang pasang link aktif pada komentar.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com