TEHNIK FINISHING FURNITURE KAYU MENGGUNAKAN SENDING DAN MELAMIN

Tehnik Finishing Furniture Kayu Menggunakan Sending Dan Melamin

Tentu kita telah mengetahui bahwa barang furniture ataumeubel kayu ketika asih berupa mentah (atau belum difinish) walaupun sudah berupa barang jadi yang bisa digunakan sesuai fungsi dan kegunaannya, tentu masih sepat dan masih kurang enak dipandang mata. Walaupun sudah dihaluskan sekalipun tetap dipandang masih kurang sedap.
Maka dari ini perlu dilakukan upaya untuk proses akhir dari sebuah produksi furniture agar jadi barag jadi dan siap pakai sesuai fungsi. Sehingga diperlukan sebuah proses perlakuan khusus yakni sebuah proses FINISHING.
Dalam perkembangannya seiring dengan perkembangan teknonogi pengetahuan dan penemuan bahan bahan finishing setidaknya sudah terdapat tiga macam tehnik pola dasar dan finishing meuble maupun furniture.

Yang pertama adalah pola finishing klasik,
dimana pola ini merupakan pola tempo dulu yang telah banyak dikenal dan telah lazim digunakan dalam melakukan proses finising kayu. Yakni dengan menggunakan bahan dasar politur dan campuran spritus atau minyak tanah sebagai campuran pengencarnya. Dan pola aplikasi pada kayu dengan dikuas dan dilap menggunakan kain bersih. Hanya dengan satu sampai 3 kali proses yang sama finishing furniture sudah selesai dan tampak terlihat kinclong. Warna finishing yang dipakai biasanya adalah untuk warna warna natural kayu untuk politure ini.

Proses finishing Politur
Proses finishing ini amatnya cukup sederhana, mulai dari kayu mentah berupa barang jadi kemudian dihaluskan dengan alat gerindra dan amplas. Kemudian setelah cukup halus langsung bisa diwarna menggunakan bahan politur campuran yang telah sebelumnya dicampur terlebih dahulu menggunakan kuas atau kain halus. Dilakukan berulang beberapa kali sampai warna yang diinginkan sesuai. Ditunggu sampai kering dan finishing sudah selsai barang sudah bisa dipakai.


Yang kedua adalah pola finishing bakar
Dimana pola model finishing ini memerlukan alat pembakar berupa alat khusus untuk mengeluarkan gas dan disulut api dapat mengeluarkan api yang menyala dan dapat diatur besar kecilnya api, bayangkan saya hampir seperti apinya tukang las karbit.
Proses finishing bakar ini pun cukup simple, mulai dari barang jadi mentah kemudian langsung dilakukan proses pembakaran api panas sampai pori pori kayu terbakar dan keluar terlihat jelas pori porinya. Proses ini dilakukan kepada semua bagian yang hendak difinishing, kemudian setelah hangus dan terbakar bagian luar kayu kemudian dibersihkan menggunakan alat pembersih macam sikat, air dan sebagainya agar bekasnya terlihat bersih dan urat kayu tampak muncul.
Setelah semua bersih kemudian dikuaskan cat encer ke seluruh permukaan kayu dan dilap menggunakan kain sehingga cat nampak masuk kedalam serat urat kayu. Tahapini dilakukan beberapa kali sampai sesuai dengan yang diinginkan tampak halus dan licin dan serat kayu nampak hidup.
Selanjutnya adalah variarasi warna warna terang seperti motif warna bunga dicat warna warni dan sebagainya sampai semuanya selesai. Tahap akhirnya adalah sebagai tahap lapisan akhir agar tampak halus dan mengkilap menggunakan bahan selo yang sebelumnya telah dicairkan dengan campuran bensin selama semalaman, bisa dilakukan dengan cara dikuas atau dilap.


Yang ketiga adalah pola finishing sending dan melamin
Dimana pola finishing ini adalah merupakan pola finishing yang cukup banyak memakan tahapan prosesnya sehingga menjadikan lama waktu pengerjaannya. Namun hasilnya cukup memuaskan dengan setimpal dari lama prosesnya.
Pola finishing melamin dan sending ini cukup banyak diminati dan disukai para custtomer penguna barang furniture dan meubel dibanding pola yang lain.

Namun perlu diketahui bahwa biaya pola finishing ini cukup banyak menghabiskan biaya. Proses yang pertama adalah mulai dari barang jadi mentah kemudian dihaluskan dengan proses amplas dan gerindra amplas diulang lagi dengan mesin amplas sampai kayu benar benar halus. Kemudian dilanjutkan proses berikutnya tahap penyemprotan awal dengan bahan sending sebagai dasaran yeng telah terlebih dahulu bahan dicampur dengan thinner sebagai pengencernya. Kemudian bahan cair tersebut disemprotkan dengan alat sprayer penyembur angin dari kompresor atau alat sejenisnya keseluruh permukaan barang kayu tersebut, setelah agak kering diulang lagi sampai ketebalan dan kerataannya sesuai keinginan. Proses ini dimaksudkan dengan tujuan untuk menutup pori pori kayu tertutup rapat dan nampak tidak berlubang serat2 kayunya.

Kemudian setelah kering, tahap selanjutnya adalah proses penambalan (pendempulan) yakni dengan cara menambal bagian kayu yang rusak, berlubang, mata kayu, dan lain lain agar tampak rata dan tidak ada cacat kayu lagi. Kemudian baru dilakukan pengamplasan halus menggunakan manual tangan agar hasil penghalusan amplasan maksimal dan bekas bahan sending tersapu secara halus.
Setelah tahap penghalusan selesai, masuk tahap pewarnaan. Dimana warna sesuai warna yang diinginkan dan telah dicampur dan diencerkan dengan bahan thiner serta bahan racikan yang lain. Bahan warna tersebut kemudian dismprotkan menggunakan sprayer keseluruh permukaan kayu. Proses ini perlu keahlian khusus dan pengalaman mengantur warna yang diinginkan. Dilakukan beberapa kali sampai sesuai.

Berikutnya adalah penghalusan kembali dengan diamplas halus semua bekas warna tersebut untuk nantinya ditimpa bahan selanjutnya. Selanjutnya adalah proses penggebyuran menggunakan bahan campuran sending agar bekas warna tampak halus dan tertutup rapat nampak tebal dan terang warnanya. Kemudian setelah kering dihaluskan kembali tipis tipis secara merata.
Proses akhirnya adalah proses pen top coatan. Yakni proses penyemprotan dengan menggunakan bahan melamin murni dicampur dengan pengencer thiner keseluruh bagian yang telah diwarna tersebut. Dilakukan sampai beberapa lapis sampai merata dan sesuai keinginan.
Semoga  bermanfaat



4 comments:


  1. Glori Melamine merupakan Produsen Pabrik Piring Melamin, Mangkok Melamin, Sendok Melamin dan Peralatan Makan Melamine lainnya.Glori Melamine menyediakan Produk yang berkualitas FOOD GRADE dan sudah memiliki Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Semua Produk Glori Melamine diproses di dalam negeri dan 100% Asli buatan Indonesia. Info & pemesanan,kunjungi website resminya di www.glorimelamine.com

    Hubungi Kami :
    Glori Melamine Official
    Alamat : Ruko Daan Mogot Baru LC2#14 Jakarta Barat, 11840 Indonesia
    Hunting: 0852-1214-0010
    Email : glori.melamine@gmail.com
    Website :
    www.glorimelamine.com
    www.glori-melamine.com
    www.glorimelamine.co.id

    ReplyDelete

  2. Glori Melamine merupakan Produsen Pabrik Piring Melamin, Mangkok Melamin, Sendok Melamin dan Peralatan Makan Melamine lainnya.Glori Melamine menyediakan Produk yang berkualitas FOOD GRADE dan sudah memiliki Standarisasi Nasional Indonesia (SNI). Semua Produk Glori Melamine diproses di dalam negeri dan 100% Asli buatan Indonesia. Info & pemesanan,kunjungi website resminya di www.glorimelamine.com

    Hubungi Kami :
    Glori Melamine Official
    Alamat : Ruko Daan Mogot Baru LC2#14 Jakarta Barat, 11840 Indonesia
    Hunting: 0852-1214-0010
    Email : glori.melamine@gmail.com
    Website :
    www.glorimelamine.com
    www.glori-melamine.com
    www.glorimelamine.co.id

    ReplyDelete
  3. terimaksih... tipsnynya... sangat membantiu sekali...
    http://kang-purngeblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. artikel yang sangat bagus....
    http://anantamakmurfurniture.com/set-kamar-tidur-anak-minimalis-kayu-jati-murah-terbaru/
    http://desainmodelfurniture.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar dengan baik dan bijak.
boleh pasang link, namun tidak boleh berbuat SPAM. dilarang pasang link aktif pada komentar.

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com